Pembakaran di Medan

From : arif faisal (sahdar2003@yahoo.com)

Terima kasih buat Mbak Retno yang telah membakar semangat teman-teman guru di Medan, sehingga menyala nyala dan berkobar kobar….tidak dapat dipungkiri…kunjungan mbak retno ini telah membangkitkan mendorong kemauan yang besar. Tetapi yang tak kurang penting untuk kita pikirkan dan siapkan adalah bagaimana mendorong kecerdasan dan kesadaran para guru selain terhadap kondisi dirinya juga bangsa ini. Harapan memang terletak dibahu kita bersama untuk memformulasikan pedoman perkaderan yang dapat menggerakkan kemauan untuk memperbaiki bangsa ini. eh bro katong…gimana dengan kemajuan Pedoman perkaderan : pedoman Training PGK dan Pedoman Training Perkaderan nya? kapan kita bahas bro? Nanti dari Medan yang berangkat alan, pelong dan pak Baharuddin..

Reply : Retno Listyarti

Dear Bung Faisal,

Terimakasih kembali atas respon positifnya. Kalau bukan karena semangat juang kawan2 SeGI Medan utk mengupayakan berbagai cara menghadirkan sy di Medan maka semua ini tdk akan terjadi. Saya jg tdk menduga bhw kawan2 di pertemuan itu menganggap sy sbg icon/simbol perlawanan guru yg mrk cari, krn mrk selama ini sdh apatis dg PGRI tetapi tdk yakin bisa mendirikan organisasi guru lain utk melawannya. Saya jg menangkap semangat kawan2 Medan yg luar biasa. Mereka sgt berpotensi menjadi guru aktivis. Tak hanya kawan2 SeGI Medan, antusias dan harapan besar jg ditampakan olehkawan2 Deli Serdang dan Batu Bara. Karena itu sistem pengkaderan yg pernah kita rencanakan hrs secptnya disusun, jgn sampe semangat yg sdh tertanam menjadi kendor kembali. Kawan2 aktivis guru dari bbrp kabupaten terdekat dari kota medan itu bertekad mempersiapkan membentuk organisasi guru dg nama depan Serikat….. Mrk jg akan mengundang sy kembali. Waktunya hrs dibuat berdekatan agar bisa sekalian (maklum biaya tiket dan hotel disandarkan pd penerbit erlangga). Saat mengantar sy ke bandara, kepala cabang erlangga medan mengatakan akan mengundang sy ke medan thn 2012 ini (sdh anggaran promosi baru), beliau minta ke sy bulan apa yg kosong jadwal agar mrk segera undang. Mgkn moment ini nantinya dpt dimanfaatkan oleh kawan2 Medan, Batu Bara dan Deli Serdang utk konsolidasi dg saya. Demikian sharing ini, sayang sekali Bung Faisal tak turut serta dlm pertemuan tsb krn sdg di Jogja. Tp saya yakin Bung Faisal mendapat laporan rinci dari pertemuan tsb

Salam perjuangan Retno Listyarti

About retnolistyarti

Perempuan energik dan cerdas, guru inovatif dan kreatif, penulis buku, penulis artikel, peneliti pendidikan, dan aktivis organisasi guru yg merdeka "FMGJ". Di FMGJ (Forum Musyawarah Guru Jakarta) Retno menjabat sebagai ketua umum dan sebagai Sekjen di Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), organisasi di level nasional. Ibu 3 anak dari Audi, Ulvi dan Ilo. Mengajar sejak 1994. 3 tahun mengajar di SMA Labschool, 3 tahun di SMPN 69 dan mulai tahun 2000 s.d. sekarang mengajar di SMAN 13 Jakarta (sekolah dimana dulu Retno menjadi muridnya). Retno sudah menghasilkan 9 buah buku,47 artikel, dan 89 makalah. Saat ini sedang menyelesaikan 2 buah buku tentang perjuangan guru melawan sistem yang menindas dan pengalaman praktik kelas yg kreatif dan inovatif. Retno juga berencana menulis buku tentang perjuangannya di bidang pendidikan mulai saat menjadi guru, kepala sekolah dan sekjen FSGI.
This entry was posted in Buku Perjuangan organisasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s