Guru Minta SKB 5 Menteri direvisi

http://www.analisadaily.com/news/read/2012/03/14/40518/guru_minta_skb_5menteri_direvisi/#.T2AA2IE7uXA

Headline – Hari ini Pkl. 06:29 WIB

Guru Minta SKB 5 Menteri Direvisi

Jakarta, (Analisa). Hampir setengah tahun Surat Keputusan Bersama (SKB) 5 Menteri tentang penataan dan pendistribusian guru ditandatangani. Namun masih banyak guru yang bingung dengan SKB ini. Guru meminta agar SKB direvisi agar kelak mereka tidak gigit jari.

“Jangan sampai gigit jari karena banyak guru yang tidak mengerti SKB 5 menteri ini,” kata Retno Listyarti dari Tim Kajian Forum Serikat Guru Indonesia (FSGI) di kantor Indonesia Corruption Watch (ICW), Jakarta Selatan, Selasa (13/3).

Retno mengatakan secara subtansi SKB 5 menteri ini cacat. Sebab dalam pelaksanaan, banyak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaan SKB 5 Menteri. Akibatnya banyak guru-guru PNS atau guru honorer yang tidak mendapatkan haknya. “Tetapi bukan berati kami tidak setuju untuk penataan, pemerataan dan pendistribusian guru-guru PNS. Kami tidak menolak itu,” sambungnya.
“Kami semua tidak keberatan distribusi guru-guru PNS tapi, ketika pola atau cara-caranya seperti ini, ini bentuk penindasan,” imbuhnya.

FSGI menyadari tidak dapat menuntut SKB 5 Menteri ini dibatalkan. Alasannya SKB 5 Menteri ini sudah menjadi produk hukum. “Tetapi setidak-tidaknya ini harus direvisi,” pinta Retno.

Dia menuturkan SKB 5 Menteri ini berdampak pada guru-guru mata pelajaran yang bekerja di SMP, SMA, SMK dan MAN. Sementara guru SD tidak bermasalah dengan SKB ini karena mereka merupakan guru kelas yang tidak mengampu mata pelajaran secara spesifik.

Retno menyebut guru SMP masih adem ayem menyikapi SKB ini. Sebab guru SMP menganggap keluarnya SKB ini hanya merupakan bentuk “ancaman”. Padahal dampak SKB 5 Menteri ini telah dikaji dan didialogkan oleh FSGI kepada guru SMP.

“Dan anehnya (keresahan pada SKB 5 Menteri) ini hanya terjadi di SMA, SMK dan MAN, sementara tingkat SMP adem ayem. Tetapi mereka malah ngomong seperti ini, “Ah paling hanya ancaman saja, nanti juga dapet duit sertifikasi”,” ujar Retno meniru ucapan guru SMP tersebut. (dtc)

About retnolistyarti

Perempuan energik dan cerdas, guru inovatif dan kreatif, penulis buku, penulis artikel, peneliti pendidikan, dan aktivis organisasi guru yg merdeka "FMGJ". Di FMGJ (Forum Musyawarah Guru Jakarta) Retno menjabat sebagai ketua umum dan sebagai Sekjen di Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), organisasi di level nasional. Ibu 3 anak dari Audi, Ulvi dan Ilo. Mengajar sejak 1994. 3 tahun mengajar di SMA Labschool, 3 tahun di SMPN 69 dan mulai tahun 2000 s.d. sekarang mengajar di SMAN 13 Jakarta (sekolah dimana dulu Retno menjadi muridnya). Retno sudah menghasilkan 9 buah buku,47 artikel, dan 89 makalah. Saat ini sedang menyelesaikan 2 buah buku tentang perjuangan guru melawan sistem yang menindas dan pengalaman praktik kelas yg kreatif dan inovatif. Retno juga berencana menulis buku tentang perjuangannya di bidang pendidikan mulai saat menjadi guru, kepala sekolah dan sekjen FSGI.
This entry was posted in Berita SKB 5 Menteri. Bookmark the permalink.

2 Responses to Guru Minta SKB 5 Menteri direvisi

  1. aan says:

    Bukan hanya guru SMP dan SMA saja yang terkena dampak dari skb 5 menteri ini tapi juga guru SD yang mengampu mapel hususnya Bahasa Inggris. Karena beberapa daerah Kota/Kabupaten sudah mengangkat guru PNS bahasa inggris SD. Bagaimana nasib mereka, mohon pencerahannya.

    • Iya, juga guru agama dan guru olahraga di SD. Selain itu, puluhan ribu guru honor di negeri juga tersingkir… kebijakan yang tidak bijak dan tidak berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s