BEM Unhalu Laksanakan Seminar Nasional Pendidikan Karakter

http://sultra.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=75250

PR II: “Dukungan Keluarga dan Masyarakat Sangat Penting”
(Humas Kemenag Sultra) —- Pendidikan karakter harus ditanamkan sejak usia dini. Guna membantu merealisasikannya, BEM Unhalu bekerja sama dengan Penerbit buku Erlangga. Kerjasama itu ditindaklanjuti dengan Seminar Nasional Pendidikan Karakter.

Dalam seminar tersebut menghadirkan Retno Listyarti, S.Pd., M.Si., sebagai pembicara dan juga selaku penulis buku pada PT Erlangga. Seminar sehari tersebut dilaksanakan di Auditorium Mokodompit Unhalu, Kamis (15/3).

Penanggung jawab kegiatan, Makmur Hidayat, mengatakan seminar yang dilaksanakan merupakan bagian dari aspirasi mahasiswa untuk membantu program pemerintah. Peserta yang ikut dalam seminar tersebut adalah guru, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unhalu serta mahasiswa PGSD.

“Peserta yang hadir dalam seminar tersebut berasal dari guru dan calon guru se Sultra, diantaranya dari daerah Buton, Konsel, Konawe, dan Kota Kendari. Target kami dengan diadakan seminar ini adalah untuk memberi wawasan pada guru dan calon guru akan pentingnya pendidikan karakter,” katanya.

Dijelaskan, dewasa ini nilai-nilai moral atau karakter generasi muda mulai terkikis. Menurutnya, meskipun saat ini pendidikan karakter sudah digaungkan, tetapi belum benar-benar diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat. Penanaman karakter yang dimaksud lebih pada pembawaan atau sikap dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat.

Dalam seminar tersebut, pembicara menyampaikan bahwa penanaman pendidikan karekter berbeda pada tiap jenjang pendidikan. Pemahaman pada siswa SD jelas berbeda dengan SMP dan SMA. Menurutnya, pada anak usia SD pemahamannya harus lebih detail dan harus ada pemberian nilai kepedulian terhadap sesama.

“Karakter itu dibangun oleh Tiga pilar yaitu Keluarga, sekolah, dan masyarakat,” Kata Retno. Penulis buku untuk mata pelajaran kewarganegaraan SMP dan SMA ini menjelaskan, jika ada seorang alumni dari satu sekolah terbaik dan di kemudian hari ia melakukan hal-hal negatif, biasanya yang pertama dipertanyakan adalah sekolah kemudian keluarganya.

Menanggapi hal tersebut semestinya lingkungan sekitarnya yang dipertanyakan, karena itulah yang memberi pengaruh sangat besar. Selain itu, dalam lingkungan sekolah juga harus anti terhadap kekerasan. Untuk itu, diperlukan peran dari guru dan orang tua.

Hal ini senada dengan yang disampaikan Pembantu Rektor II Unhalu, Prof. Ir. H La Sara, MS., PhD saat membuka acara. “Untuk menghasilkan generasi yang baik, maka harus dimulai dari pendidik, karena semua bermula dari pengajar. Tidak hanya itu, dukungan keluarga dan masyarakat juga sangat penting,” katanya.

Oleh karena pentingnya pendidikan karekter ini, pihak BEM Unhalu berencana untuk melanjutkan seminar ini. Rencana bulan April nanti, kami akan adakan dialog publik, mengenai pentingnya pendidikan dalam penyelematan genarasi bangsa. Kami sudah kirim undangan ke Menteri Pendidikan dan Dirjen Dikti untuk mengisi dialog nanti,” ungkapnya.

About retnolistyarti

Perempuan energik dan cerdas, guru inovatif dan kreatif, penulis buku, penulis artikel, peneliti pendidikan, dan aktivis organisasi guru yg merdeka "FMGJ". Di FMGJ (Forum Musyawarah Guru Jakarta) Retno menjabat sebagai ketua umum dan sebagai Sekjen di Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), organisasi di level nasional. Ibu 3 anak dari Audi, Ulvi dan Ilo. Mengajar sejak 1994. 3 tahun mengajar di SMA Labschool, 3 tahun di SMPN 69 dan mulai tahun 2000 s.d. sekarang mengajar di SMAN 13 Jakarta (sekolah dimana dulu Retno menjadi muridnya). Retno sudah menghasilkan 9 buah buku,47 artikel, dan 89 makalah. Saat ini sedang menyelesaikan 2 buah buku tentang perjuangan guru melawan sistem yang menindas dan pengalaman praktik kelas yg kreatif dan inovatif. Retno juga berencana menulis buku tentang perjuangannya di bidang pendidikan mulai saat menjadi guru, kepala sekolah dan sekjen FSGI.
This entry was posted in Berita Pendidikan Karakter. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s