Kesalahan buku PLBJ bukan dari penulis dan penerbit

http://jakarta.okezone.com/read/2012/04/13/500/611373/kesalahan-buku-plbj-bukan-dari-penulis-dan-penerbit

Kesalahan Buku PLBJ Bukan dari Penulis dan Penerbit

Catur Nugroho Saputra – Okezone
Jum’at, 13 April 2012 21:37 wib wib

JAKARTA– Kesalahan isi cerita ‘Bang Maman dari Kali Pasir’ yang terdapat di buku Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta (PLBJ) kelas 2 SD, bukan kesalahan penulis ataupun penerbit melainkan pemerintah. Dalam hal ini Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Penulis dan penerbit hanya merujuk kepada Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang disusun oleh pemerintah,” kata Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listyarti, kepada wartawan, di Kantor ICW, Jalan Kalibata Timur, Jakarta Selatan, Jumat (13/4/2012).

Menurutnya penulis dan penerbit yang akan menulis buku pelajaran harus mengikuti SK/KD yang telah dikeluarkan oleh pemerintah sebagai pedoman. “Jika tidak sesuai, maka buku tersebut tidak akan laku,” tuturnya.

Terkait masalah buku PLBJ ini, lanjut Retno, yang terdapat cerita ‘Bang Maman dari Kali Pasir’, merupakan buku Muatan Lokal (Mulok) dan disusun berdasarkan kurikulum. Buku itu telah memperhatikan lingkup keadaan dan kebutuhan daerah, melestarikan dan mengembangkan kebudayaan daerah, meningkatkan kemampuan dan keterampilan dibidang tertentu, sesuai dengan keberadaan perekonomian daerah, meningkatkan penguasaan bahasa inggris untuk kehidupan sehari-hari dan menunjang pemberdayaan individu untuk melakukan belajar lebih lanjut, serta meningkatkan kemampuan kewirausahaan.

Retno menjelaskan dalam mata pelajaran Mulok ini, komite sekolah dan pihak sekolah diwajibkan terlibat aktif dalam penentuan muatan lokal disekolahnya. “Sesungguhnya ciri khas dari KTSP plus justru berada pada muatan lokalnya,” terangnya.

Sebelumnya, buku PLBJ kelas 2 SD menjadi masalah setelah sebuah cerita ‘Bang Mamam Dari Kali Pasir’, memuat kalimat ‘Istri Simpanan’ yang tidak pantas dikonsumsi anak-anak.

Berdasarkan pengakuan salah seorang orang tua murid, buku PLBJ dari kelas 1 hingga kelas 5 SD, dalam cerita rakyatnya terdapat kalimat yang memang tidak pantas untuk di konsumsi anak-anak.

(ugo)

About retnolistyarti

Perempuan energik dan cerdas, guru inovatif dan kreatif, penulis buku, penulis artikel, peneliti pendidikan, dan aktivis organisasi guru yg merdeka "FMGJ". Di FMGJ (Forum Musyawarah Guru Jakarta) Retno menjabat sebagai ketua umum dan sebagai Sekjen di Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), organisasi di level nasional. Ibu 3 anak dari Audi, Ulvi dan Ilo. Mengajar sejak 1994. 3 tahun mengajar di SMA Labschool, 3 tahun di SMPN 69 dan mulai tahun 2000 s.d. sekarang mengajar di SMAN 13 Jakarta (sekolah dimana dulu Retno menjadi muridnya). Retno sudah menghasilkan 9 buah buku,47 artikel, dan 89 makalah. Saat ini sedang menyelesaikan 2 buah buku tentang perjuangan guru melawan sistem yang menindas dan pengalaman praktik kelas yg kreatif dan inovatif. Retno juga berencana menulis buku tentang perjuangannya di bidang pendidikan mulai saat menjadi guru, kepala sekolah dan sekjen FSGI.
This entry was posted in Berita Bang Maman PLBJ. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s