Kisah Sebagai Kepala SMAN 3 Jakarta (Part 4)

Di Antar Ke SMAN 3 Jakarta
Oleh : Retno Listyarti

Pagi ini langit menampakan sinar terangnya tanpa ditutupi awan kelabu, angin pagi pun berhembus sejuk. Hari ini, selasa 6 Januari 2015 aku akan memulai tugas di tempat baru, yaitu SMAN 3 Jakarta di jalan Setiabudi II, Jakarta Selatan. Sebelum memulai tugas di SMAN 3, aku mampir dahulu di SMAN 76 Jakarta untuk terakhir kalinya. Rencananya hari ini, beberapa guru hendak mengantarku ke SMAN 3 Jakarta. Aku sesungguhnya tidak mau merepotkan mereka, namun karena mereka begitu tulus hendak mengantar, aku tak tega menolaknya. Alhasil, akupun diantar oleh rombongan dengan menggunakan 3 mobil menuju SMAN 3 Jakarta.

Dalam rombongan kecil itu ada Tati (staf TU), Triyatun (Bendahara), Imam Sucahyo (staf TU), Sayuri (Kepala TU), Joko (Wakasek), Umi Khulsum (Wakasek), Lastri (Guru), Salvina (Guru), dan lain-lain. Mobil kami berjalan beriringan menuju SMAN 3 Jakarta yang terletak di jalan Setiabudi II Jakarta Selatan. Cakung-Kuningan lumayan jarak tempuhnya, namun waktu tempuhnya sulit di prediksi karena biasa macet, apalagi perjalanan kami berbarengan dengan jam berangkat kerja.

Kami tiba di SMAN 3 Jakarta setelah menempuh perjalanan hampir 2 jam. Mobil kami tiba susul menyusul, namun dengan selisih waktu yang berdekatan. Begitu memasuki halaman SMAN 3 Jakarta, aku merasa meriding, ada perasaan aneh yang menjalar di sekujur tubuhku tanpa ku pahami mengapa demikian. Ada kegalauan, penasaran, dan energy positif dan negative yang jumlahnya ku rasakan sama besarnya. Aku berdoa, “Ya Allah, kuatkan langkahku dan lindungilah aku”. Rombongan kami disambut oleh pak Yudi (wakasek kurikulum) dan pak Warno (wakasek kesiswaan) dan didampingi berjalan menuju ruang pertemuan.

Gedung SMAN 3 Jakarta terasa asing bagiku, gedung indah yang merupakan salah satu cagar budaya di DKI Jakarta terasa begitu angkuh menyambut kami. Keangkuhan lebih terasa ketika kami memasuki lorong di sepanjang jalan menuju ruang audio visual. Dari tempat parker kami memasuki pintu yang kemudian berada di dalam lorong, melewati deretan kelas XII dan keluar lorong melewati ruang guru yang sangat luas, kemudian keluar lagi, belok kiri dan tibalah di ruang audio visual yang dingin dan sunyi…..keangkuhan juga ku rasakan di ruangan ini.

Rombongan kami sempat menunggu beberapa saat, kemudian masuklah beberapa guru dan bersalaman satu persatu dengan kami. Aku ingat celetukan salah satu guru yang menyalami “Ooh ini yang namanya bu Retno, masih muda dan cantik ya…”, ujarnya. Ku keteahui kemudian, guru itu bernama Loli yang mengajar mata pelajaran geografi. Masuk juga empat wakasek dan beberapa staf. Yang kuhafal namanya saat itu hanya pak Yudi dan bu Yanti (Wakasek Humas). Kami ngobrol santai sambil menikmati kue kotak yang dibagikan.

Acara seremonial sederhana pun di mulai, sambutan pihak SMAN 3 Jakarta disampaikan oleh pak Yudi selaku wakasek kurikulum—maklum saja, sejak 6 bulan yang lalu, SMAN 3 Jakarta hanya memiliki kepsek Plt. Bpk Burhanudin yang saat bersamaan menjabat juga sebagai kepala SMAN 90 Jakarta Selatan—, pihak SMAN 76 diwakili oleh pak Joko (wakasek kurikulum) dan terakhir ditutup oleh kata sambutan singkat dariku sebagai kepala sekolah baru. Setelah itu kami bersalaman dan rombongan SMAN 76 menuju ruang kepala sekolah sebelum kembali ke SMAN 76.

Ruangan kepala SMAN 3 Jakarta terkesan asri karena ada kolam ikan yang mengalir, bunyi gemericik air meramaikan suasana. Di bandingkan dengan ruangan di SMAN 76, ruang kepsek SMAN 3 lebih kecil ukurannya, sekitar separuhnya, namun dari segi keindahan memang jauh lebih nyaman. Rombongan SMAN 76 Jakarta sempat duduk-duduk di sofa berbentuk L yang berwarna abu-abu dengan bantalan kursi berwarna merah, sangat kontras, tetapi pas. Kami sempat ngobrol terakhir kali dan berfoto bersama. Setelah itu, rombongan SMAN 76 berpamitan, kuantar sampai parkiran. Ku ucapkan terimakasih dan ku lambaikan tanganku seiring mobil bergerak meninggalkan halaman SMAN 3 Jakarta. Terimakasih kawan-kawan yang sudah sudi mengantarku ke tempat yang baru…..Kini aku pun tinggal sendirian, dan harus menghadapi tantangan di pekerjaan baruku. Aku hars kuat!

Ku turunkan jirigen Kangen Water, air yang konsumsi sehari-hari selama 4 bulan terakhir dari mobilku. Sambil menenteng jirigen air, aku memasuki ruangan kerjaku perlahan. Aku memandangi sekiling ruanganku dan mulai memikirkan memindahkan posisi meja rapat, sofa dan meja kerjaku. Aku tak nyaman denga meja kerja bersembunyi dari pintu, aku ingin meja kerjaku menghadap pintu keluar dan berada disamping kiri pintu penghubung antara ruanganku dan ruang tata usaha. Aku ingin memiliki interaksi lebih dekat dengan semua staf tata usaha SMAN 3 Jakarta. Seperti saat di SMAN 76, ketika pintu penghubung sebelumnya biasa tertutup rapat, maka akupun memutuskan untuk selalu membuka pintu penghubung agar selalu terbuka, agar apapun yang aku dan mereka kerjakan akan terlihat. Ini juga bentuk transparansi atau keterbukaan bahwa siapapun akan sangat mudah bertemu kepala sekolah…….

Jakarta, 7 Januari 2015

About retnolistyarti

Perempuan energik dan cerdas, guru inovatif dan kreatif, penulis buku, penulis artikel, peneliti pendidikan, dan aktivis organisasi guru yg merdeka "FMGJ". Di FMGJ (Forum Musyawarah Guru Jakarta) Retno menjabat sebagai ketua umum dan sebagai Sekjen di Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), organisasi di level nasional. Ibu 3 anak dari Audi, Ulvi dan Ilo. Mengajar sejak 1994. 3 tahun mengajar di SMA Labschool, 3 tahun di SMPN 69 dan mulai tahun 2000 s.d. sekarang mengajar di SMAN 13 Jakarta (sekolah dimana dulu Retno menjadi muridnya). Retno sudah menghasilkan 9 buah buku,47 artikel, dan 89 makalah. Saat ini sedang menyelesaikan 2 buah buku tentang perjuangan guru melawan sistem yang menindas dan pengalaman praktik kelas yg kreatif dan inovatif. Retno juga berencana menulis buku tentang perjuangannya di bidang pendidikan mulai saat menjadi guru, kepala sekolah dan sekjen FSGI.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s