Banjir Ucapan Selamat

Hanya beberapa menit setelah pembacaan putusan di ruang sidang PTUN Jakarta, aku langsung menerima ucapan selamat dari para pengunjung sidang, mulai dari kawan-kawan guru yang hadir mendampingiku hari itu, tim lawyer LBH Jakarta, kawan-kawan suamiku yang juga hadir untuk mennguatkanku, rekan-rekan media yang hadir untuk meliput, bahkan beberapa pengunjung sidang yang aku sendiri tidak mengenalnya.

Setelah menyampaikan pernyataan dihadapan awak media dengan di dampingi oleh kedua lawyerku, Muhamad Isnur dan Handika Febrian, aku dan rekan-rekan guru bergerak menuju Restoran Padang  “Sederhana” yang letaknya tidak jauh dari PTUN Jakarta. Bapak Abdul Jalil Kasim, rekanku yang mengajar di SMAN 87 Jakarta, mentraktir kami semua sebagai tanda syukur atas kemenanganku di PTUN Jakarta melawan kesewenang-wenangan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Tim lawyerku juga menyusul ke tempat syukuran kami setelah menyelesaikan satu sidang untuk kasus lain. Terimakasih pak Jalil atas atensinya dan semua kebaikannya….

Sepanjang siang hingga sore itu aku terus menerus menerima ucapan selamat via whatshap, FB dan SMS dari berbagai kalangan, mulai dari rekan-rekan mengajar satu sekolah di SMAN 13 Jakarta, beberapa rekan guru di SMAN 76 Jakarta dan SMAN 3 Jakarta, bahkan orangtua siswa, alumni dan para muridku. Ucapan selamat juga membanjir di FB dan FP ku.

Sepanjang siang hingga malam aku juga sibuk melayani wawancara lisan dan tertulis dari berbagai media online dan cetak, apalagi berita semakin panas karena pak Ahok (Gubenur DKI Jakarta) dengan lantang menyatakan tidak akan mematuhi keputusan PTUN, beliau menolak mengangkatku jadi kepala sekolah lagi sebagaimana perintah pengadilan. Aku sendiri, dari awal sudah menyatakan bahwa gugatan ini esensinya adalah melawan kesewenang-wenangan, bukan untuk jabatan. Jujur, aku tidak berminat sama sekali menjadi kepala sekolah lagi.

Kuatnya  Pemberitaan

Hanya selang 1 jam dari keputusan PTUN, di tempo.co online sudah muncul pemberitaan dengan judul “Ahok kalah, PTUN memenangkan gugatan Retno”, kemudian susul menyusul pemberitaan dari media online sepanjang malam hingga keesokan harinya. Pemberitaan semakin panas karena pak Ahok mengeluarkan pernyataan tidak akan mengembalikan Retno menjadi Kepala Sekolah.

Jumat pagi, 8 Januari 2016, aku sangat terkejut ketika membaca wartakota cetak karena berita kemenanganku di PTUN menjadi berita utama “headline” dihalaman muka dengan judul “Retno Listyarti Banjir Ucapan Selamat”, berita halaman muka juga bersambung lagi di halaman 11, bahkan wartakota menurunkan tiga tulisan terkait kemenanganku di PTUN Jakarta. Hari itu, pemberitaan kemenangan gugatanku di PTUN juga di berbagai media cetak lain, seperti Koran Jakarta, Koran Tempo, Suara Pembaharuan, Kompas, Media Indonesia, dan lain-lain.

Bahkan, aku tidak mengira kalo TV-One juga menyediakan acara khusus utukku dengan judul “Bu Guru Retno Menangkan Gugatan PTUN” secara live, pada jumat malam, 8 Januari 2016 pukul 20.00 – 21.00 wib. Aku tampil santai bersama lawyerku Mas Handika dan seorang anggota DPRD DKI Jakarta, ketua Komisi E dari Fraksi PDIP, Bapak Pantas Nainggolan.

Format acara TV-One tersebut sangat berarti bagiku, aku merasa tersanjung sekaligus bersyukur. Mereka menampilkan data cukup lengkap tentang perjuanganku dari awal mula menggugat ke PTUN sampai akhirnya menang. Pernyataan Pak Ahok pun ditampilkan, mulai dari responnya sebelum dan sesudah keputusan PTUN Jakarta. Aku tak menduga bahwa acara ini ternyata disaksikan banyak pemirsa dan mendapat respon positif yang cukup besar. Respon positif tersebut mengalir deras di FB, FP, SMS, Whatshap dan inbox FB.

Hari seninnya, 11 Januari 2016, giliran Jaktv yang menayangkan live interaktif selama 1 jam pada pukul 19.30 -20.30 wib. Jaktv banyak menerima telepon dari pemirsanya, puji syukur bahwa para penelepon berpihak padaku dan mengencam sikap Pemprov DKI Jakarta, yang mereka nilai sewenang-wenang.

Respon Murid-muridku

Begitu berita kemenangan gugatanku di PTUN Jakarta muncul di banyak media, maka ucapan selamat kembali membanjir dari banyak pihak, namun dari semua ucapan itu, yang paling membahagiakanku adalah sambutan dan ucapan selamat dari para murid di tempatku mengajar.

Tak ku kira, perhatian dan doa mereka yang senantiasa mengalir melimpah ternyata di ekpresikan begitu antusias saat mengucapkan selamat padaku, guru mereka.

Ketika itu, setiap masuk kelas-kelas yang ku ajar, mereka langsung mengucapkan selamat dengan ekspresi bangga dan turut berbahagia menyambut kemenangan ini. Uniknya, ada kelas yang bertepuk tangan serentak saat aku muncul di pintu kelas mereka, ada yang langsung menyerbu menyalami, ada yang mengucapkan selamat dengan kata-kata tetapi minta diceritakan proses pembacaan putusan, ada yang mengirim wa sambil berucap bahagia dan penuh kebanggaan, ada yang menuliskan ucapan selamat di dinding FBnya, juga ada yang berpapasan di selasar kelas langsung mengucapkan selamat meski aku tidak mengajar mereka, bahkan ucapan selamat pun datang dari para alumni yang pernah ku ajar beberapa tahun yang lalu……

Terimakasih murid-muridku, semua dukungan dan doa kalian sangat berarti bagi perjuangan ibu….salam sayang penuh cinta untuk kalian semua.

 

Jakarta, Kamis, 28 Januari 2016

 

 

About retnolistyarti

Perempuan energik dan cerdas, guru inovatif dan kreatif, penulis buku, penulis artikel, peneliti pendidikan, dan aktivis organisasi guru yg merdeka "FMGJ". Di FMGJ (Forum Musyawarah Guru Jakarta) Retno menjabat sebagai ketua umum dan sebagai Sekjen di Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), organisasi di level nasional. Ibu 3 anak dari Audi, Ulvi dan Ilo. Mengajar sejak 1994. 3 tahun mengajar di SMA Labschool, 3 tahun di SMPN 69 dan mulai tahun 2000 s.d. sekarang mengajar di SMAN 13 Jakarta (sekolah dimana dulu Retno menjadi muridnya). Retno sudah menghasilkan 9 buah buku,47 artikel, dan 89 makalah. Saat ini sedang menyelesaikan 2 buah buku tentang perjuangan guru melawan sistem yang menindas dan pengalaman praktik kelas yg kreatif dan inovatif. Retno juga berencana menulis buku tentang perjuangannya di bidang pendidikan mulai saat menjadi guru, kepala sekolah dan sekjen FSGI.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Banjir Ucapan Selamat

  1. Selamat dan sukses selalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s