Takjub Pada Mbak Kasir

Setelah dimutasi ke SMAN 13 Jakarta, aku kerap melalui Sport Mall “Mahaka” Kelapa gading saat pulang mengajar. Kadang-kadang aku mampir ke Mall yang sekarang sudah menjadi hotel “Santika” Kelapa Gading tersebut, karena kebetulan disitu  ada supermarket “Superindo”. Aku senang belanja di tempat ini, sebab sekalian mampir sepulang mengajar, selain itu tempatnya memang nyaman dan tidak terlalu ramai pengunjung.

Beberapa kali berbelanja secara kebetulan aku dilayani kasir yang sama saat membayar belanjaan. Aku tak tahu nama kasir perempuan tersebut, namun aku mengenal wajah dan keramahannya. Dia selalu menyapa ramah sambil mengerjakan tugasnya, memang sekedar bertanya kabar atau pekerjaanku, tapi itu cukup membuat kami  tak ragu saling menyapa jika berjumpa di mall tersebut. Mbak kasir itu berkulit putih dan berwajah cukup cantik, dia terlihat penuh percaya diri dan murah senyum. Kadang aku memilih mengantri di mejanya meski antrian cukup panjang, karena aku merasa nyaman dilayaninya dibanding kasir yang lain.

Saat aku bertugas di SMAN 76 dan SMAN 3 Jakarta sebagai Kepala Sekolah –selama hampir 18 bulan–, aku tidak pernah lagi belanja ke Superindo sportmall Kelapa Gading karena tidak searah menuju rumahku, jadi aku tidak pernah juga berjumpa si mbak kasir tersebut.

Satu setengah tahun kemudian, aku kembali lagi berbelanja di tempat itu setelah  menjadi guru  dan kembali mengajar di SMAN 13 Jakarta, tempat mengajarku sebelum menjadi kepala sekolah. Aku mengajar di SMAN 13 Jakarta sejak tahun 2000 dan sempat menjadi kepala sekolah di dua sekolah berbeda pada 2014 s.d. 2015.

Suatu hari, sepulang mengajar di kamis sore, 21 Januari 2016 aku mampir ke Superindo Sportmall Kelapa Gading untuk berbelanja beberapa keperluan rumah tangga. Seperti biasa aku langsung mengambil troli dan menuju lorong buah dan daging segar.  Saat sedang memilih susu UHT cair kesukaan putra bungsuku, tiba-tiba aku disapa dengan sangat ramah oleh si mbak kasir, dengan tersenyum lebar dan mengulurkan tangan kepadaku, dia mengucapkan “Ibu apa kabar? Selamat ya bu atas kemenangan Gugatan di pengadilannya melawan Pak Ahok. Terus semangat ya bu….”. Aku terkejut sekali, sampai sulit berkata-kata kecuali ucapan terimakasih dan mengenggam tangannya erat sambil tersenyum lebar….. Seorang kasir ternyata meng-update berita bertema pendidikan.

Sungguh hal ini merupakan kejutan yang tidak pernah aku bayangkan karena kami  jarang bertemu dan kalaupun bertemu jarang berbicara panjang lebar, bahkan aku baru sekitar 8 bulan ini kembali menjadi pelanggan Superindo Kelapa Gading. Aku takjub pada mbak kasir yang ternyata mengikuti kasus gugatanku di PTUN Jakarta atas pemberhentianku sebagai kepala SMAN 3 Jakarta, fakta ini luar biasa bagiku. Sekali lagi aku benar-benar takjub pada mbak kasir.

Jakarta, Kamis, 21 Januari 2016

 

About retnolistyarti

Perempuan energik dan cerdas, guru inovatif dan kreatif, penulis buku, penulis artikel, peneliti pendidikan, dan aktivis organisasi guru yg merdeka "FMGJ". Di FMGJ (Forum Musyawarah Guru Jakarta) Retno menjabat sebagai ketua umum dan sebagai Sekjen di Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), organisasi di level nasional. Ibu 3 anak dari Audi, Ulvi dan Ilo. Mengajar sejak 1994. 3 tahun mengajar di SMA Labschool, 3 tahun di SMPN 69 dan mulai tahun 2000 s.d. sekarang mengajar di SMAN 13 Jakarta (sekolah dimana dulu Retno menjadi muridnya). Retno sudah menghasilkan 9 buah buku,47 artikel, dan 89 makalah. Saat ini sedang menyelesaikan 2 buah buku tentang perjuangan guru melawan sistem yang menindas dan pengalaman praktik kelas yg kreatif dan inovatif. Retno juga berencana menulis buku tentang perjuangannya di bidang pendidikan mulai saat menjadi guru, kepala sekolah dan sekjen FSGI.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Takjub Pada Mbak Kasir

  1. Semoga dengan kemenangan ini membuat ibu Retno semakin dikenal sebagai pejuang pendidikan, dan salut buat mbak kasir yang cantik. Semoga bisa ketemu di superindo. Kepo!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s