Beragam komentar di FB Pasca Kemenanangan PTUN Jakarta

Pro kontra selalu muncul dalam merespon kasus pencopotanku sebagai kepala sekolah, namun jika dikalkulasi lebih banyak yang positif setelah keputusan PTUN Jakarta yang memenang aku. Majelis hakim PTUN mengabulkan seluruh gugatanku dan memerintahkan Pemprov DKI Jakarta untuk memulihkan nama baik, harkat dan martabatku serta mengembalikan aku sebagai kepala sekolah.

Banyak ucapan dan komentar yang ku terima selama hampir 20  hari berturut-turut pasca kemenangan di PTUN Jakarta. Dari ratusan ucapan selamat di FB,  FP, Twitter, Whatshap dan SMS, yang paling membahagiakan aku adalah ucapan selamat dari para muridku dan alumni SMAN 13 Jakarta dari berbagai angkatan. Pada kesempatan ini aku mencoba mengutip beberapa ucapan selamat tersebut yang menurutku paling berkesan, diantaranya sebagai berikut :

Sejak sekian tahun lalu..
sudah dan masih jd sosok inspiratif.
Perempuan dengan pemikiran maju, penuh inspirasi, terbuka, dan selalu berjuang dengan cara terbaik.
“The Agent of Change” (Ibu ingat ini?)
Sekarang jadi motto juga utk saya.
Bangga pernah jd Murid yg diwalikelas-kan oleh ibu.
Bangga juga pernah tergabung di ekskul Green School 13 yg dibina langsung sama ibu.
Selamat utk apa yg ibu raih setelah perjuangan panjang.
Ini pantas buat perempuan setangguh ibu.
Tetap berkarya bu.
Tetap jadi “The Agent of Change” perempuan masa kini..
We proud of you kiss emoticon
(Ester Septiana Nainggolan, alumni SMAN 13 Jakarta, posting di FB )

Ahok Dikalahkan Seorang Guru

Sang guru menggugat untuk menghilangkan trauma ketakutan bagi seluruh guru Indonesia dan para penggiat pendidikan yang berani, kritis dan kreatif untuk terus berjuang demi pendidikan yang berkualitas dan berkeadilan. Atas kemenangannya ini, beliau sangat bersyukur bahwa orang kecil dan tidak memiliki jabatan bisa memenangkan kasus di PTUN.

Salut buat buk Retno, yang sangat berani mengungkap kebenaran tentang kebocoran UN. Salut atas kegigihan buk Retno dalam memperjuangan nama baiknya dan FSGI atas tuduhan semena-mena yang tak masuk akal. Sungguh tidak adil, seorang guru yang berani mengungkap tentang kebocoran UN malah dicopot jabatannya sebagai Kepala Sekolah atas perintah seorang gubernur DKI.

Selamat buk Retno, semoga masyarakat bisa benar-benar melihat bagaimana kesewenangan sang gubernur yang terhormat terhadap seorang guru yang harusnya dianggap pahlawan bagi pendidikan bangsa ini. (Faradiba Sari Harahap, alumni SMAN 13 Jakarta, posting di FB 9 Januari 2016, 1.59 pm)

Selamat yah ibu ^^ samar-samar masih teringat cara bu Retno mengajar… Benar-benar guru yang hebat smile emoticon bersyukur pernah ibu ajar dan bahkan ibu jadi wali kelas saya saat tahun pertama saya bersekolah di SMAN 13 smile emoticon tetap semangat bu! (Anonim, alumni SMAN 13 Jakarta)

Semangat terus guru kami, Ibu Retno Listyarti. Terus berjuang untuk kemajuan pendidikan Indonesia.  http://metro.tempo.co/read/news/2016/01/07/083733930/ahok-kalah-ptun-kabulkan-gugatan-retno-listyarti  (FB Rohis SMA Tigabelas Jakarta  di posting pada  8 januari 2016, pukul 5.41 am)

Turut terharuu.. Selamat n sukses terus untuk Ibu.. *bangga pernah di ajar langsung oleh Ibu thn 95/96 lalu.. (komentar Nunu Dz, Alumnis SMAN 13 1995/1996, 21 Januari 2016, 6.56 pm)

Gak berhenti kagum ama guru kebanggaan. Contoh nyata kebebasan bersuara dan keberanian sejati (Try Nofri Situmorang, di posting 22 Januari 2016, 9.57 pm)

Herawati Suryanegara adalah rekan guru yang bertemppat tinggal dan mengajar di Sukabumi, Jawa Barat, uniknya kami tidak pernah bertemu, kami hanya berkenalan dan berkomunikasi melalui facebook. Meski tidak pernah berjumpa langsung, namun Herwati sangat istimewa bagiku, karena beliau tiada henti mendukung dan selalu membela di media social. Berikut komenentarnya atas kemanangaku……Terimakasih sahabat FB-ku.

‪#‎kemenangangurumelawanpejabatarogan Sosok ibu guru yang ini adalah sosok pribadi yang tegar dan tahan dalam menghadapi tekanan dari Bos-bosnya…. akhirnya , ibu guru ini dapat mengalahkan arogansi kekuasaan atasannya sendiri . PTUN mengabulkan seluruh gugatan Retno Listyarti. Dinas Pendidikan DKI harus merehabilitasi nama Retno dan mengembalikan jabatannya.
Hal ini menjadi catatan penting, bagi para pejabat agar tidak bersikap arogan terhadap bawahannya. Pemimpin adalah pembina dan pengayom bagi bawahannya. Ingaaat……TIDAK ADA KEKUASAAN YANG ABADI……
sahabatku, Retno Listyarti teruslah berjuang untuk kemajuan pendidikan kita…. Salut saya atas perjuanganmu melawan arogansi kekuasaan..!
Semoga koh Ahok kapok ya, koh…. I love u,full…..

(FB Herwawati Suryanegara, kawan guru yang berdomisili di Sukabumi (Posting 8 Januari 2016, pukul 8.52 am)

Banyak sekali komentar yang ku terima, namun yang ku kutip hanya beberapa saja yang ku pikir dapat mewakili perasaan para pendukung perjuanganku selama ini, khususnya para muridku, mereka menyambut antusias kemenangan gugatanku di PTUN Jakarta, mereka ikut berbahagia bersama kebahagianku……

 

Jakarta, kamis, 4 Pebruari 2016

About retnolistyarti

Perempuan energik dan cerdas, guru inovatif dan kreatif, penulis buku, penulis artikel, peneliti pendidikan, dan aktivis organisasi guru yg merdeka "FMGJ". Di FMGJ (Forum Musyawarah Guru Jakarta) Retno menjabat sebagai ketua umum dan sebagai Sekjen di Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), organisasi di level nasional. Ibu 3 anak dari Audi, Ulvi dan Ilo. Mengajar sejak 1994. 3 tahun mengajar di SMA Labschool, 3 tahun di SMPN 69 dan mulai tahun 2000 s.d. sekarang mengajar di SMAN 13 Jakarta (sekolah dimana dulu Retno menjadi muridnya). Retno sudah menghasilkan 9 buah buku,47 artikel, dan 89 makalah. Saat ini sedang menyelesaikan 2 buah buku tentang perjuangan guru melawan sistem yang menindas dan pengalaman praktik kelas yg kreatif dan inovatif. Retno juga berencana menulis buku tentang perjuangannya di bidang pendidikan mulai saat menjadi guru, kepala sekolah dan sekjen FSGI.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s