FSGI : Pemberian Nilai NOL Pada Siswa SMAN 4 Bandung Bukan Semata Kesalahaan Sistem

FSGI : Pemberian Nilai NOL Pada Siswa SMAN 4 Bandung Bukan Semata Kesalahaan Sistem

Sesuai dengan hasil kajian hukum FSGI yang juga sudah diserahkan kepada KPAI,  maka pernyataan sekolah dengan mengaku bahwa pemberian nilai NOL sebagai kesalahan teknis tidak dapat diterima oleh nalar.  Jika sekolah hanya berpijak pada  alasan kesalahan teknis operasional pengolahan nilai , maka itu hanya melihat dari hasil akhir saja. Padahal Kesalahan teknis itu disebabkan oleh peristiwa yang mendahuluinya  sebagaimana hasil kajian fsgi. Ada sebab akibat mengapa sekolah sampai memberikan nilai NOL di rapor.

Dari keterangan korban dan orangtuanya dapat disimpulkan bahwa ada kesengajaan oknum guru yang memiliki perencanaan menghancurkan nilai anak, yaitu dengan menolak memberikan tugas/ulangan susulan padahal waktunya masih memungkinkan.  Ada unsur buruknya pelayanan sekolah terhadap peserta didik, dalam hal ini adalah korban yang mengalami diskriminasi dan tekanan hingga depresi.    Bagaimana mungkin peristiwa pendahulunya selama berbulan-bulan  diabaikan  sehingga public harus percaya bahwa itu semata-mata hanya karena kesalahan teknis tanpa ada latar belakang peristiwa yang mendahului  sebelumnya.

Ada kelalaian sekolah yang telah memberikan rapor bernilai NOL  yang sudah ditandatangani kepala sekolah dan wali kelas bahkan lengkap dengan stempel sekolah merupakan bukti bahwa pelayanan sekolah buruk.  Akibat perlakuan oknum guru yang berujung pada pemberian nilai NOL maka ada seorang anak yang dirugikan dan hal ini sudah memenuhi unsure kekerasan terhadap anak.

Menolak memberi kesempatan mengumpulkan tugas secara susulan dalam situasi dan waktu yang masih memungkinkan,dengan alasan siswa sedang menderita sakit dan dalam perawatan dokter,dan memberi nilai nol pada rapor siswa di semester II sehingga berdampak pada penjatuhan keputusan Tidak Naik Kelas bagi siswa tersebut adalah termasuk dalam klasifikasi perlakuan tindakan kekerasan psikis terhadap anak yang diatur pada Undang-Undang Perlindungan Anak yaitu Undang-Undang Republik Indonesia Nomor : 23 Tahun 2002 pasal 80 dengan ancaman hukuman penjara 3 tahun 6 bulan. Dengan adanya dugaan telah terjadi kekerasan terhadap anak maka sudah sepatutnya KPAI menyelamatkan masa depan korban, jangan terbawa alasan sekolah bahawa ini hanya kesalahan teknis belaka.

FSGI mendorong KPAI untuk mendalami lebih jauh latar belakang pemberian nilai NOL di rapor demi kepentingan pendidikan agar masyarakat Indonesia dapat mempercayai penilaian yang diberikan guru dan sekolah. Memberikan nilai NOL dirapor adalah kemunduran dalam pendidikan Indonesia. KPAI sejatinya ikut mewujudkan pendidikan nasional yang berkualitas dan berkeadilan di negeri ini.

Jakarta, 10 September 2016

 

 

 

About retnolistyarti

Perempuan energik dan cerdas, guru inovatif dan kreatif, penulis buku, penulis artikel, peneliti pendidikan, dan aktivis organisasi guru yg merdeka "FMGJ". Di FMGJ (Forum Musyawarah Guru Jakarta) Retno menjabat sebagai ketua umum dan sebagai Sekjen di Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), organisasi di level nasional. Ibu 3 anak dari Audi, Ulvi dan Ilo. Mengajar sejak 1994. 3 tahun mengajar di SMA Labschool, 3 tahun di SMPN 69 dan mulai tahun 2000 s.d. sekarang mengajar di SMAN 13 Jakarta (sekolah dimana dulu Retno menjadi muridnya). Retno sudah menghasilkan 9 buah buku,47 artikel, dan 89 makalah. Saat ini sedang menyelesaikan 2 buah buku tentang perjuangan guru melawan sistem yang menindas dan pengalaman praktik kelas yg kreatif dan inovatif. Retno juga berencana menulis buku tentang perjuangannya di bidang pendidikan mulai saat menjadi guru, kepala sekolah dan sekjen FSGI.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s